Upcoming Events

  1. CINIA 3rd 2017

    November 16 @ 8:00 am - 5:00 pm

Search

bppu@its.ac.id
        

UPT – Medical Center

Pendahuluan

Medical Center ITS merupakan perluasan dari Balai Pengobatan ITS yang pembentukannya berdasarkan SK Rektor Nomor : 3122.1 / K03 / OT / 2006 menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Medical Center ITS.

UPT Medical Center ITS adalah Pusat Pelayanan Kesehatan untuk civitas akademika ITS dan masyarakat umum. Medical Center ITS adalah Unit Rawat Jalan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, tindakan medis, penunjang medis dan rujukan.

Medical Center ITS mulai beroperasi pada tanggal 14 Juli 2006

Sejarah

Sebelum 1982, Pelayanan pengobatan Mahasiswa ITS diberikan di tempat praktek Dr. Kabat Jl. Nias

Sejak 1982 dengan menempati sebagian ruangan di Jl. T. Geodesi R-2 merangkap Rumah Tinggal Ir. Hoedijono Ismarwanto M.T. Pelayanan hanya diberikan pada jam 16.00 s/d 18.00 setiap hari Senin s/d Jumat dan dilayani oleh seorang Dokter Umum yaitu Dr. Sulistiyawati Hoedijono

Sejak 1998 dengan semakin bertambahnya jumlah mahasiswa sebagai konsekwensi bertambah pula jurusan yang ada maka dipindah ke Asrama Karyawan ITS yang telah direnovasi. Pelayanan yang tersedia B.P. Umum yang buka Pagi dan Sore dilayanai oleh 2 orang Dokter dan BP. Gigi yang dilayani 1 Dokter Gigi. Dengan semakin bertambahnya tuntutan pelayanan yang semakin tinggi maka B.P. UMUM buka mulai jam 9.00 s/d 19.00 dilayani oleh 3 Dokter umum dengan 3 shift. BP Gigi tetap sore hari.

Pada tahun 2001- sekarang ada pelayanan tambahan berupa Poli Alternatif dirangkap oleh Dr. Sulistiyawati.

Selain B.P. ITS tersedia Apotik Sepuluh Nopember dan Laboratorium Bina Saha sebagai mitra kerja B.P. ITS dengan kepemilikan dan manajemen diluar B.P. ITS. Pemanfaatan fasilitas yang ada masih belum optimal dengan berbagai alasan. Kecuali balai pengobatan Umum sudah mencapai titik optimal. Praktek Dokter siang meskipun jumlah pengunjung tidak sebanyak pagi tetapi seringkali dapat menangani kecelakaan kecelakaan pada saat mahasiswa melakukan praktikum di Laboratorium.

Visi

Menjadi Pusat Pelayanan Kesehatan yang terbaik untuk civitas akademika ITS dan masyarakat di wilayah Surabaya Timur dalam rangka menunjang program pemerintah menuju Indonesia Sehat tahun 2010.

Misi

  1. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan paripurna yang efektif, efisien, bermutu, aman dan informatif.
  2. Menyelenggarakan pelayanan rujukan.
  3. Mendorong terwujudnya sumber daya manusia yang profesional, akuntable dan berorientasi pelanggan.
  4. Memberikan pelayanan kesehatan dengan tetap memperhatikan aspek sosial ekonomi.
  5. Menjadikan salah satu unit strategis yang diunggulkan.

Tujuan

Mengupayakan kesembuhan pasien secara optimal menurut SOP yang dapat dipertanggung jawabkan agar tercapai derajat kesehatan yang optimal melalui Rawat Jalan Umum dan Spesialistik yang mudah, cepat, bermutu dan memuaskan.