img_4023

ITS Peduli Terhadap Kesehatan Gigi


Dalam kesehariannya, kesehatan gigi terkadang dipandang remeh oleh kebanyakan masyarakat sehingga kesehatan gigi sering terabaikan. Melihat hal itu, Medical Center ITS yang dinaungi oleh Badan Pengelola dan Pengembangan Usaha (BPPU) ITS mengadakan Seminar “Problema Gigi Geraham Bungsu dan Penanganannya” yang dihelat pada Kamis (24/11) bertempat di Medical Center ITS. Seminar ini dihadiri oleh civitas akademik, praktisi kesehatan gigi dan masyarakat sekitar.

img_3911

drg. Andra Rizqiawan, Ph.D, Sp. BM, pembicara seminar mengatakan bahwa tumbuhnya gigi bungsu ini kerap menimbulkan masalah, salah satunya adalah rasa nyeri hebat karena tidak adanya ruang yang tersisa pada gusi yang bisa ditempati oleh gigi geraham bungsu tersebut sehingga pertumbuhan gigi geraham bungsu pun terkadang hanya muncul sebagian, atau hanya muncul di sudut gusi.

img_4007     img_4035

Andra melanjutkan bahwa terkadang pertumbuhan gigi geraham bungsu tidak menimbulkan rasa sakit pada saat atau sesudah erupsi sehingga terkadang tidak disadari pertumbuhan gigi tersebut. Namun ketika timbul gejala seperti sakit kepala, telinga berdengung, sakit leher, rematik dan kecing manis, dan penyakit lain yang tidak dapat diobati, maka gigi ini mulai dicurigai sebagai penyebab sehingga penderita diharuskan dirujuk ke dokter gigi untuk diperiksa.

img_3951

Ir. I Ketut Gunarta, MT, Kepala BPPU ITS mengatakan bahwa tujuan dari seminar ini adalah memberikan edukasi kepada civitas akademik dan masyarakat sekitar mengenai kesehatan gigi terutama gigi geraham bungsu. “Seminar ini diharapkan dapat mengajak civitas akademik dan masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatan gigi yang ternyata berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita juga,” ujar Gunarta.

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *